Translate

Senin, 12 Agustus 2013

Sistem Keamanan Pasar Tradisional Dari Bahaya Kebakaran

Sistem Keamanan Pasar Tradisional Dari Bahaya Kebakaran


sumber gambar dari megapolitan.kompas.com
Banyak pasar tradisional baik yang sudah lama berdiri, bahkan pasar tradisional yang baru berdiri tidak memperhitungkan sistem keamanan terhadap bahaya kebakaran dengan baik. Terlihat wajar memang jika kita mencermati keberadaan pasar tradisional yang telah lama di bangung tanpa memperdulikan sistem keamanan pasar tradisoanal dari bahaya kebakaran, sedang untuk pembangunan pasar tradisional baru sudah seharus kita memikirkan tentang keselamatan investasi bagi para pedagang pasar.

Apa yang menyebabkan sistem kebakaran tidak di pasang ( terpasang ) pada pasar tradisional yang baru dibangun ? Apakah karena tidak adanya anggaran untuk sistem ini ? atau apakah sistem kebakaran yang akan melindungi pelaku pedagang pasar tidak pernah terpikirkan ? sehingga dalam proses pengajuan anggaran tidak pernah ada dalam perencanaan yang secara otomatis tidak akan muncul anggaranya. Hal ini seharus dapat dipikirkan dengan baik bagi penyusun perencana anggaran. Karena para pedagang pasar merupakan bagian dari pemicu tumbuh kembangnya perekonomian indonesia secara macro.

Ada beberapa pasar tradisional yang sudah terpasang hydrant pilar satu atau dua titik lokasi tetapi secara umum banyak yang tidak terlihat sama sekali, keberadaan pillar hydrant tersebut pun tidak dilengkapi dengan pompa hydrant, sehingga kemungkinan alat keberadaan hydrant pillar hanya difungsikan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan air bagi mobil kebakaran saat kebakaran terjadi. Kalau peruntukannya hanya untuk hal tersebut akan sangat ideal jika mobil kebakaran saat membutuhkan air sevagai tambahan mengambil hydrant pillar yang memang sudah di siapkan dan terpasang untuk kebutuhan seluruh kota. Sedang untuk kebutuhan sistem keamanan pasar tradisioanl dari bahaya kebakaran dapat di rencanakan untuk melindungi masing masing pasar secara internal.

Selanjutnya, bagaimana kita membangun sistem keamanan pasar tradisional secara internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar