Translate

Selasa, 13 Agustus 2013

Smoke Detector Untuk Toilet

Smoke Detector Untuk Toilet

Smoke Detector yang kita kenal berfungsi untuk mendeteksi adanya asap, pengertian asap dalam hal ini
sering kita artikan hanya karena adanya kebakaran, tetapi sebenar dalam arti yang lebih luas lagi detektor ini dapat difungsikan untuk mendeteksi asap yang diakibatkan bukan cuma akibat dari sebuah kebakaran tetapi dapat juga difungsikan untuk mendeteksi asap yang dihasilkan oleh akibat rokok, maka detektor ini dapat di fungsikan atau ditempatkan pada ruangan bebas rokok.

Ada sebuah pengalaman di industri garmen di Semarang yang menerapkan sebuah aturan bahwa setiap karyawan tidak diperkenankan merokok di dalam pabrik, sedangkan kebiasaan orang Indonesia merasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan didalam toilet tanpa menghisap rokok, kebabanyakan mereka morokok didalam toilet unutk menghilangkan bau yang tak sedap yang mereka rasakan sebagian ada juga yang melakukan tindakan tersebut untuk teman berkhayal, tetapi apapun alasannya mereka sudah melakukan tindakan pelanggaran yang sudah ditetapkan perusahaan. Sebenarnya aturan ini ada juga untuk kepentingan karyawan juga, karena jika terjadi kebakaran tentunya karyawan akan merasakan dampaknya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut perusahaan memutuskan untuk memasang smoke detector di dalam masing masing ruang toilet sehingga pada saat ada karyawan yang merokok di dalam toilet maka alarm akan berbunyi, tidak hanya smoke detektoor yang dipasang didalam toilet indikating lamp pun juga dipasang diatas pintu masing masing ruang toilet sehingga pada saat alarm berbunyi dapat diketahui ruang toilet mana yang detektornya aktif, hal ini dapat diketahui dari lampu indikasi yang telah terpasang.

Smoke detector untuk toilet ternyata dapat diterapkan untuk mengantisipasi kebiasan buruk yang terlanjur menjadi semacam budaya bagi masyarakat kita. Pengalaman ini dapat di terapkan bagi bagi anda yang merasa kewalahan mengatur para pekerja yang memiliki kebiasaan buruk, sehingga perusahaan dapat terhindar dari resiko kebakaran dan aturan dapat di pantau dengan terpasangnya perangkat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar